Jumat, 19 Oktober 2018

Pemasaran Online

Sebelum Anda memilih strategi pemasaran internet untuk bisnis kecil Anda, lebih akrab dengan konsep tersebut terlebih dahulu. Pada dasarnya, pemasaran online hanya berarti menggunakan web untuk metode pemasaran Anda, apakah itu untuk iklan, penjualan, atau pencitraan merek. Untuk alasan itu, kadang-kadang disebut internet marketing. Untuk bisnis kecil Anda, Anda juga dapat menggunakan berbagai metode berbasis web seperti media sosial, situs web, email, atau toko online.
Berikut adalah beberapa manfaat untuk pemasaran online:
  • Lebih hemat biaya. Dalam pemasaran online, ada banyak peluang untuk menjangkau pemirsa dengan sedikit atau tanpa uang. Ini karena mudah berskala, dan Anda dapat mengakses target pasar Anda melalui grup online dan platform media sosial yang ada. Anda juga tidak perlu dibatasi oleh sebagian besar sumber daya fisik seperti kertas, karena materi pemasaran online seperti video atau grafik dapat dilihat oleh ratusan pengguna dengan sedikit atau tanpa perubahan biaya.
  • Hasil terukur. Ada banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui saluran pemasaran mana yang mendatangkan prospek dan penjualan. Berbeda dengan pemasaran offline, sulit untuk melacak kesuksesan.
  • Jangkauan luas. Pemasaran online memungkinkan Anda memecahkan hambatan geografis saat menjangkau pelanggan target. Bahkan, Anda dapat menargetkan pemirsa global atau setidaknya pemirsa yang lebih luas daripada biasanya jika Anda hanya mengandalkan pemasaran luring.
  • Pemasaran dan iklan yang ditargetkan. Meskipun Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan pemasaran online, pasar itu juga bisa lebih spesifik. Iklan online dapat ditargetkan secara eksklusif untuk demografi tertentu, tidak seperti iklan radio atau poster yang dapat dilihat oleh pemirsa yang lebih luas yang mungkin tidak sepenuhnya berada di bawah target pasar Anda.
Meskipun pemasaran online dapat memberi Anda manfaat di atas, ada juga beberapa kerugian yang menyertainya:
  • Ini bisa sangat teknis. Karena web adalah media Anda, banyak alat dan metode dapat bersifat teknis. Jika Anda tidak begitu paham teknologi atau jika Anda tidak yakin tentang harus mulai dari mana, Anda mungkin perlu menyediakan waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara melakukan pemasaran online sendiri atau mempekerjakan lebih banyak orang berpengalaman untuk membantu Anda.
  • Aturan berubah dengan cepat. Aturan dan tren yang mengatur pemasaran online berubah dengan cepat. Inilah sebabnya mengapa ketika platform besar seperti Google atau Facebook mengumumkan perubahan dalam algoritmanya, pemasar berebut untuk tetap diperbarui.
  • Kurangi kontak pribadi. Hal terbaik tentang membuat penjualan di dalam toko atau di dalam lokasi tertentu adalah Anda dapat memiliki kontak satu-satu dengan banyak, jika tidak sebagian besar, dari calon pelanggan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah membentuk hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan Anda. Untuk pemasaran online, email, media sosial, dan bentuk komunikasi berbasis web lainnya adalah norma.
Sekarang Anda sudah terbiasa dengan kelebihan dan kekurangan pemasaran online, sekarang saatnya untuk mulai memikirkan strategi yang dapat bekerja untuk bisnis Anda.

Jika Anda siap memulai dengan pemasaran online, berikut adalah lima strategi pasar internet yang bekerja dengan baik untuk bisnis kecil:
Seperti namanya, pemasaran konten adalah tentang menggunakan konten seperti video, posting blog, artikel, audio, dan materi lainnya untuk memasarkan merek Anda ke audiens. Segala sesuatu mulai dari perencanaan hingga pembuatan dan distribusi konten ini adalah bagian dari pemasaran konten.
Salah satu contoh pemasaran konten adalah "The Crop Circle," blog resmi Spikeball, jenis permainan bola baru. Karena game ini relatif baru, orang perlu memahami mengapa mereka harus membeli produk dan memainkannya. Blog ini menawarkan video dan artikel yang menunjukkan banyak situasi yang berbeda. Spikeball dapat dimainkan, apakah itu rekreasi, untuk pelatihan, atau untuk kebugaran.

Example of a blog for content marketing
Untuk pemasaran konten, Anda dapat membaca artikel dan video publik tentang berbagai cara produk Anda digunakan.

Karena pemasaran konten sebagian besar tentang membuat konten yang menarik perhatian pemirsa Anda, paling baik jika itu adalah tentang membuat penjualan dan lebih banyak tentang pencitraan merek dan membangun hubungan. Saat Anda melakukan pemasaran konten, Anda dapat menetapkan sasaran seperti:
  • Meningkatkan jangkauan konten Anda. Anda dapat menentukan keberhasilan dengan mencari tahu apakah konten Anda menjangkau lebih banyak orang dan, pada gilirannya, lebih banyak orang belajar tentang merek Anda. Ini dapat diukur dengan jumlah pengunjung baru ke situs web Anda dari waktu ke waktu.
  • Mengubah lebih banyak pemirsa menjadi prospek. Anda juga dapat menggunakan konten untuk memperdalam hubungan Anda dengan calon pelanggan. Misalnya, memberi pengunjung situs web unduhan eBuku gratis setelah mereka memberi Anda alamat email mereka adalah cara yang baik untuk mengonversi mereka menjadi prospek. Dalam hal ini, Anda akan mengukur jumlah orang yang akhirnya memberi Anda alamat email mereka dengan imbalan unduhan gratis. 
  • Membangun hubungan. Memberikan pelanggan dan prospek yang ada dengan konten yang menarik dan menarik adalah cara yang baik untuk mengingatkan mereka tentang bisnis Anda, bahkan ketika mereka belum membeli apa pun. Ini memastikan bahwa ketika mereka perlu membeli sesuatu yang Anda tawarkan, mereka akan mendapatkannya dari Anda, bukan dari pesaing Anda. Untuk mengukur ini, Anda dapat melacak berapa banyak pengunjung situs web Anda yang kembali, seberapa sering mereka kembali, dan berapa banyak dari pengunjung yang kembali ini yang akhirnya menindaklanjuti pembelian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar